Investasi properti bagi pemula

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berinvestasi properti merupakan investasi wajib bagi para investor.

Bisa kita lihat dari data kekayaan orang-orang terkaya di dunia, sebagian besar asetnya berada dalam bentuk properti.

Namun untuk memiliki properti itu sendiri tidaklah mudah, pasalnya harga properti di masa kini terbilang masih sangat tinggi, tercermin dari data Bank Indonesia dimana lebih dari 75 % masyarakat Indonesia membeli properti melalui pembiayaan Bank atau KPR.

Misalnya saja, bagi seorang manajer perusahaan dengan gaji bulanan sebesar Rp.20.000.000 yang boleh kita golongkan sebagai golongan menengah-menengah atas. Manajer perusahaan tersebut hanya bisa membeli properti seharga kurang lebih 1 Milyar rupiah saja, itupun dengan mencicil selama 15 tahun !

Dan kalau kita lihat harga pasaran properti saat ini di area prime dan area berkembang, harga 1 Milyar sudah mulai jarang kita temui. Data di Gading Serpong misalnya, untuk memiliki rumah baru di Cluster milik pengembang Paramount Land, peminat harus menyiapkan dana tunai sebesar 1,1 Milyar untuk rumah ukuran 6 x 10.

Untuk itu bagi investor pemula yang  baru mau mulai berinvestasi, ada beberapa hal yang harus dilakukan :

  1. Fokuskan lokasi pilihan anda, tidak perlu keliling kesana-kemari dalam mencari properti apalagi dengan motif mencari harga termurah. Properti yang baik untuk investasi harus memenuhi syarat lokasi yang baik, bukan harga terbaik. Fokuskan pencarian anda maksimal ke 3 area yang anda sukai, dan coba posisikan diri anda sebagai end user. Jika anda ingin mencari tempat tinggal, apakah lokasi ini akan menjadi kandidat untuk anda tempati ?
  2. Cek harga pasar di area yang sudah menjadi fokus anda, anda bisa memilih antara membeli properti second yang sudah jadi, atau membeli properti baru dari developer. Silahkan kalkulasi plus minusnya dari pilihan tersebut.
  3. Minta saran dari agen properti terdekat, membeli melalui agen properti lebih menguntungkan bagi konsumen, karena jenis properti yang mereka miliki biasanya lebih banyak, dan kita bisa meminta second opinion dari mereka tentang prospek properti yang anda minati.
  4. Tanyakan promo yang ada jika anda membeli properti dari developer, manfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan gimmick lebih.

Promo yang paling hot saat ini di pasaran adalah Price Amnesty yang dilakukan oleh Sinarmas Land. Selain nama besar developer serta produk yang kualitasnya sudah terjamin, selama promo ini konsumen akan mendapatkan potongan harga yang sangat besar, serta hadiah-hadiah menarik lainnya.

Segera mulai investasi anda, jangan tunggu-tunggu lagi.

The time is now !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s